Memulai Usaha Makanan Sendirian? Begini Tipsnya

 

 

Salah satu jenis usaha yang tidak ada habisnya adalah usaha kuliner. Karena semua orang membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan primernya. Salah satu usaha yang cukup populer dan potensial dalam usaha kuliner ialah jasa catering Jakarta, usaha rumah makan, dan lainnya.

 

Yang sering menjadi masalah adalah bagaimana caranya memulai usaha sendiri dalam bentuk usaha rumah makan? Adakah langkah-langkah spesifik yang harus di persiapkan untuk membangun sebuah usaha rumah makan?

 

Tentunya ada beberapa hal spesifik yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal dalam memulai usaha rumah makan. Langkah awal ini bersifat sebagai persiapan yang harus di lakukan dalam menjalankan usaha rumah makan.

 

Adapun cara memulai usaha rumah makan sendiri ialah sebagai berikut :

  1. Rencana Awal

Melakukan identifikasi apa yang akan di jual, siapa targetnya, dan masalah permodalan, sistem operasional, sistem pemasaran, serta penjualan. Ada baiknya untuk tahap ini kamu melakukan survey untuk mengetahui dengan baik keselarasan.

  1. Perijinan

Meski sifatnya tidak mutlak, akan tetapi jika kamu ingin mendirikan usaha yang professional, maka memiliki perijinan merupakan peran yang besar. Setidaknya akan lebih baik jika kamu mengurus perijinan di awal, jika usaha rumah makan ini berada di jalur jalan raya utama.

  1. Lokasi

Pemilihan lokasi memiliki peran yang crusial dalam kesuksesan usahamu. Terkadang menu yang menggoda pun bisa terkalahkan jika kamu salah dalam memilih lokasi, bahkan ada baiknya sebelum mengambil keputusan kamu melakukan survey terlebih dahulu.

  1. Supplier

Kamu memang bisa belanja rutin di pasar untuk makanan yang akan di sajikan di rumah makan. Tetapi jika usaha yang kamu miliki sudah professional, sebaiknya kamu menjalin kerja sama dengan supplier. Merekalah yang nantinya akan menjamin ketersediaan stock di dapur, dengan kerja sama ini kamu tidak lagi harus pusing oleh urusan supplier dan bahan baku. Pastikan suplai bahan baku sesuai dengan standar yang sudah di tentukan di awal ya.

  1. Tenaga Kerja

Kamu tentunya akan membutuhkan tenaga kerja untuk membantu memasak dan menyajikan makanan. Tetapi mencari tenaga kerja tidak sesederhana itu, terutama kalau kamu mencari tenaga kerja untuk dapur. Pastikan setidaknya kamu sudah memiliki tenaga kerja yang mahir dan terlatih dengan pekerjaan dapur.

  1. Standar Kualitas

Jika kamu bermaksud untuk mentarget pasar kelas atas, tentu saja kamu harus memastikan sajian dalam kualitas premium dengan menggunakan bahan baku terbaik, proses masak yang tinggi, serta penyajian yang mewah.

Hal ini berbeda jika kamu bermaksud membuka rumah makan kelas mahasiswa dimana sajian biasanya di tata dengan prasmanan atau seperti swalayan.

 

Itudia tadi beberapa langkah dalam memulai usaha sendiri yaitu membuka rumah makan. Tapi hal-hal yang telah di sebutkan diatas tetap harus di perhatikan walaupun kamu ingin membuka usaha kuliner jenis lainnya seperti catering Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *